ADA APA DENGAN BOS WANITA ?

Di dunia kerja bukanlah hal baru lagi melihat wanita tampil ke depan menjadi seorang pemimpin. Namun, beredar mitos bos wanita biasanya lebih sulit dihadapi ketimbang bos pria. Benarkah?

Sifat alami wanita yang sensitif dan cenderung menggunakan emosi sering dianggap sebagai kekurangan jika ia tampil sebagai pemimpin. Hal tersebut dirasakan oleh Erna (30) seorang staf marketing di perusahaan periklanan. “Bos saya yang sekarang wanita dan dia lebih sering pakai kata hati, lebih emosional, jadi gampang marah,” ujarnya.

Wanita pada kodratnya selain mempunyai sifat emosional yang dimiliki, hal lain yang sering dikeluhkan para bawahan tentang atasan wanita adalah suasana hati yang sulit ditebak dan emosi yang tidak stabil, terutama menjelang menstruasi.

Namun, di balik segala “kelemahan” tersebut, sebenarnya banyak keunggulan yang dimiliki bos wanita, misalnya lebih teliti, memiliki gaya kepemimpinan bersifat kekeluargaan, serta mampu mengerjakan beberapa tugas sekaligus (multitasking).

Style wanita dalam memimpin sangat khas, biasanya lebih egaliter dan menerapkan family style di departemen yang dipimpinnya,” kata Hendra Setiawan, Direktur PT Softex Indonesia, yang sejak awal kariernya mengaku selalu memiliki atasan wanita.

Nah, jika kebetulan bos Anda seorang wanita, ini dia tips yang perlu diperhatikan agar hubungan kerjasama berjalan lancar:

1. Bos wanita biasanya lebih mudah berempati. Gunakan cara pendekatan personal dalam menyelesaikan masalah. Carilah waktu yang santai untuk berdiskusi mencari solusi sebuah masalah.

2. Mood swing sebenarnya tak hanya dialami wanita, tapi juga pria, apalagi jika tekanan kerja sedang tinggi. Jika ia terlihat sedang uring-uringan, tunda dulu membicarakan masalah sampai mood-nya cerah.

3. Berpikiran positif. Dengan selalu berpikir positif, Anda akan lebih santai menghadapi sifat-sifat si bos, bahkan yang paling “ajaib” sekalipun.

4. Biasanya wanita lebih teliti melihat ketidaksempurnaan. Karenanya, pastikan Anda selalu menyelesaikan tugas sesuai tenggat dan menyiapkan dokumen yang diperlukan agar siap menghadapi pertanyaannya. Jalin kerjasama yang kompak dengan sesama tim untuk mencapai target.

About wanitakerja

Blog membahas mengenai permasalahan karir wanita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: