PENUNJANG DAN PENGHAMBAT KARIR

Banyak para kalangan praktisi mengatakan bahwa sebagian besar wanita karir berpikir bahwa mereka mengetahui kunci untuk mencapai kesuksesan. Namun, untuk meraih kesuksesan tersebut sebaiknya mereka selalu mengikuti aturan yang berlaku. Agar karir anda sebagai wanita karir tidak mengalami kemacetan, berikut sebagian Permasalahan berikut triks mengatasinya :

Menjauhi masalah yang memancing emosi. Sean O’Neil, seorang konsultan manajemen di New York, menyarankan, “Komunikasikan semua masalah Anda dengan rekan kerja, meskipun bersifat personal, sulit, atau canggung karena pekerjaan,” ungkapnya. Tak perlu takut untuk mengungkapkan apa yang Anda anggap mengganggu atau merugikan dengan rekan kerja Anda. Bersikap lah bijak untuk memilih topik obrolan tentang hal ini, agar suasana kerja tidak malah memburuk.

Menapaki jenjang karier. Banyak orang berpendapat bahwa seorang pekerja dinilai berdasarkan jabatan dan besarnya penghasilannya. Namun, ternyata tak semua orang ingin punya tanggung jawab dan kekuasaan yang lebih banyak. “Tak ada keharusan bagi setiap orang untuk punya jenjang karier yang tinggi. Bergeraklah secara horisontal. Atau jadilah seorang wirausaha jika itu membuat Anda bahagia,” ungkap Michelle Goodman, penulis buku The Anti 9-to-5 Guide. Bahkan jika Anda tak bergerak vertikal dan menginginkan jenjang karier dan promosi yang tinggi, Anda bisa menjadi bos di masa depan dari perusahaan Anda sendiri.

Melakukan apa yang menjadi tugas Anda. Bos Anda pasti akan bangga ketika Anda bisa melakukan berbagai pekerjaan yang ditugaskan. Namun, Anda mungkin bisa mengerjakan sesuatu yang lebih besar untuk bisa membantu perusahaan lebih kongkrit, daripada hanya bekerja sesuai tugas. “Ini bisa membuat Anda bekerja dengan hati, dan sama sekali tak mengambil keuntungan apapun dari pekerjaan ini,” tukas Adam Bryant, penulis buku The Corner Office dan editor New York Times.

“Hidup” di kantor. Tuntutan pekerjaan saat ini kadang-kadang membuat kita harus bekerja lembur hampir setiap hari. Namun bagi beberapa orang, pekerjaan bukan lagi merupakan hal yang paling diinginkan. Sangat penting artinya untuk melakukan berbagai kegiatan di luar kantor usai jam kantor. Melakukan berbagai kegiatan yang disukai bisa meningkatkan kesenangan, semangat, sekaligus kreativitas dalam bekerja. Ide-ide baru yang menakjubkan seringkali tercetus ketika kita dalam perasaan tenang sambil membaca, memasak, atau bersepeda, dibandingkan hanya berada di dalam kantor saja.

“Hobi juga membuat kita lebih damai dan rileks beberapa saat, dan mungkin juga permasalahan di kantor akan terselesaikan dengan baik,” tukas Karen Burns, penulis buku The Amazing Advantures of Working Girl.

Melakukan jejaring dimana-mana. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjalin relasi dengan orang lain, salah satunya adalah dengan menghadiri pesta-pesta koktil, seminar, dan mulai ngobrol dengan orang-orang yang tidak dikenal. Namun pada dasarnya kegiatan ini sangat tidak efektif dan membuang waktu. Kenapa tidak gunakan saja media jejaring sosial untuk melakukan berbagai pekerjaan, termasuk menjalin relasi. Dengan menggunakan media ini, Anda bisa bertemu orang-orang penting manapun yang menarik perhatian Anda, tak peduli dia berguna atau tidak untuk pekerjaan Anda. Setelah itu, akan lebih mudah untuk Anda untuk bertemu dan membicarakan lebih jauh tentang bisnis sembari makan siang.

About wanitakerja

Blog membahas mengenai permasalahan karir wanita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: